Download: Standar ISO 9001:2000

Banyak sekali kami mendengar bahwa kendala klien adalah kesulitan mereka dalam memahami ISO 9001:2000, dan salah satu akar masalahnya adalah bahasa. Kami mencoba mencari sumber-sumber yang reliable untuk standar ISO 9001:2000 dalam Bahasa Indonesia.

Kami sudah menemukannya dan menyediakannya untuk Anda untuk didownload. Download di sini.

 

About these ads

80 comments

  1. singgih

    pak saya perusahaan jasa yang baru berkembang. dibidang pest control. disaat seperti sekarang ini banyak sekali yang mengharuskan iso. bagaimana menurut anda pak

  2. nuchan

    Pak, mohon info nya untuk badan yg bisa mengeluarkan sertifikasi ISO 9001 itu apa saja ya? bisa dijelaskan siap saja kah?

  3. yadi

    Perusahaan sy bergrak di bid jasa konsultan teknik & manajemen……
    (domisili di povinsi jambi)
    bagaimana caranya & prosedurnya utk mendapat sertifikat ISO serta apa saja yg perlu dipersiapkan,
    mohon dengan sangat, informasi & biayanya ?
    terima kasih,

  4. Husni

    ada beberapa lembaga sertifikasi yg umum, seperti TUV Nord, TUV Rehinland, SAI Global, SGS, dan beberapa yg lain yg mungkin ada di sekitar tempat perusahaan anda. kalo biayanya juga bervariasi, tergantung badan sertifikasinya, untuk jelasnya tanya langsung ke badan sertifikasinya.

    Smoga membantu

  5. alfi

    mohon informasinya lembaga untuk certidfikasi iso 9000:2008 dan biayanya…
    perusahan tmpt sy bekerja sedang mncari dan mencoba untuk sertidfikasi,untuk prosesnya sedang dijalankn dan telah melakukn audit internal.thanks b4&aftr

  6. heru

    selamat siang n salam kenal,

    kalau boleh saya ingin tahu mengenai IWA 4 dan kaitannya dengan standar ISO 9001:2008. apakah standarnya masih sama? kalau beda apakah semua klausulnya berbeda ketika diterapkan?

    terima kasih

  7. Husni

    pagi Bu Novie

    Dulunya perusahaan yg menerapkan ISO 9001 itu kebanyakan utk pabrik, tp sekarang semakinn berkembang, ISO 9001 itu dapat di aplikasikan utk semua jenis usaha, pabrik, distribusi, institusi pendidikan, bahkan instansi pemerintahan sudah banyak yang menerapkan ISO 9001.

    Utk info ISO lebih jelas, PM aja di: qims.husni@yahoo.com

    Regards

  8. novie

    siang….sy novie, saya mau tau, kira2 perusahaan apa saja yang punya standart KEHARUSAN memiliki sertifikat ISO 9001….???

  9. erni

    Halo, salam kenal. saya sedang mengerjakan surver kepuasan pelanggan . Data sdh terkumpul tinggal dianalisa, saya kebingungan untuk mengolahnya,TahunLalu kita di audit ISO ,kami di survey kepuasan pelanggan kena pnc dengan alasan Customer satisfaction level has not been clearly difine.tolong bantu ya,Tks

  10. ASWAD ANGGARA MAWI, SKM

    LEKUM……..! AQ MAU NAYA NI…!!! AQ KERJA DI SALAH 1 PUSKEMAS DI KAB. PINRANG SUL-SEL YANG PUSKESMASNYA, YANG DALAM PROSES ISO 9001: 2000, KAPAN PUSKESMAS SAYA INI 100% ISO BETUL PADAHAL MUTU PELAYANANYA UDA BAIK & KAYAKNYA UDA 2 KALI DI AUDIT. MAKASI SEBELUMNYA.

  11. Hendra

    Selamat Siang,

    Saya ingin mendapat informasi mengenai buku tentang ISO 9001: 2000 dalam bahasa indonesia , bagaimana mendapatkannya dan berapa harganya ?

    Demikian terimakasih.

  12. Emilia

    Selamat siang

    Saya membutuhkan contoh manual mutu ISO 9000:2008, karena data yang saya terima dari lembaga sertifikasi saya bahwa ada item2 yang ditambahkan akan tetapi pada manual mutu sebelumnya tidak ada. Mohon bantuannya

    Thanks & Regards,
    Emilia

  13. Husni

    Selamat Pagi Pak Hariyanto

    Untuk lanjutan training 17025 nya bisa menghubungi kantor KAN (Kantor Akreditasi Nasional) setempat

    Regards
    Husni

  14. Hariyanto

    Selamat pagi,
    Saya kebetulan sudah IRCA pak untuk ISO 9001, tapi saya kemarin mengaudit laboratory per ISO 17025. Kemana saya bisa kursus Audit ISO 17025 yang provider trainingnya berbobot/ diakui. Mohon informasi dan alamatnya pak.
    Terimakasih.

  15. wahyu

    selamat pagi..

    pak, saya mw tanya… dalam persyaratan yang harus dibenahi oleh perusahaan untuk mendapatkan standar iso… terdapat manajemen sumber daya manusia… standarnya apa saja ya pak?? mohon penjelasannya… terima kasih

  16. yulia fahrina

    saya yulia,dari puskesmas pasundan,kaltim.saat ini kami sedang menyiapkan penyusunan standarisasi alat-alat kesehatan di puskesmas untuk kemudian dicari analisis gap.saya mohon bantuan apakah ada dokumentasi eksternal yang memuat standarisasi alat kesehatan tersebut.mohon informasinya.Tkb…

  17. Ade

    saya mw tanya prosedur untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 tu bagaimana?funsi serta ruang lingkupnya apa saja? tolng bantuannya segera….
    trim’s b4…

  18. chrismiadi

    saya butuh referensi tentang data-data serat kapuk beserta foto mikro dan perhitunganya… terimaakasihh

  19. Husni

    nah.. kalo untuk iso 17025 itu untuk kalibrasi alat laboratorium yang biasanya alat2 tersebut dipakai lab yang profit centre (disewakan), tapi kalo hanya untuk konsumsi kampus pribadi belum begitu perlu.

    trus untuk amdal dan k3 itu ada standar iso 14001 dan ohsas 18001. tapi kalau untuk tugas akhir kedua sistem ini terlalu luas, baiknya ambil 1 sistem aja, lingkungannya atau k3 nya. karena 1 sistem itu pun sudah sangat kompleks.

    analisis dulu lab nya, apakah potensi dampak lingkungan nya yg lebih besar atau potensi kecelakaan kerjanya yang lebih besar, baru bisa ditentukan sistem apa yang digunakan yg menjadi prioritas.

  20. agra

    saya adalah mahasiswi yang sedang melaksanakan tugas akhir tp saya masi bingung, saya ingin mengambil tema k3 pada laboratorium yg ada di kampus saya, standar2 apa yg diperlukan kalo ingin laboratorium tsb sesuai dengan amdal dan K3nya??saya br melihat referensi standar lab adalah ISO 17025, apakah ini bs diterapkan ke lab kampus??apa aja tahapannya..terima kasih

  21. husni

    ibu monalisa yth,
    tugas QMR itu adalah membangun dan menjaga sistem manajemen mutu dalam organisasi kita. dari mulai membangun sistem, menjalan kan sistem dan mengontrol/menjaga sistem agar tetap berjalan dan meningkat.. QMR juga berfungsi sebagai penjembatan antara top manajemen dan karyawan. jadi sebaiknya QMR adalah orang yang wise yang bisa mengetengahkan kepentingan masing2 (karyawan dan top manajemen) dalam satu organisasi terutama pada mutu organisasi.

    QMR boleh merangkap dengan pekerjaan lain selagi bisa me-manage waktunya dengan baik. tetapi kalau sudah overload sebaiknya dipisahkan departemen khusus untuk ISO.

    Semua dokumen harus diketahui oleh QMR, baik dokumen wajib maupun dokumen teknis. maka dari pada itu semua dokumen asli ada di QMR, sedangkan yang di-copy ada di masing2 departemen.

    mungkin ini yang bisa saya sampaikan. terima kasih
    semoga bermanfaat.

    –Husni–

  22. monalisa

    Saya mau bertanya, sebenarnya apa saja tugas seorang QMR (Quality Management Representative) dalam ISO?apakah semua prosedur yang dibuat harus dalam sepengetahuan QMR jg?kalau begitu apakah nantinya QMR tidak tidak overload pekerjaan???MR (Management Representative) disini hanya sebagai status saja, beliau tidak terlibat kecuali hanya dalam persetujuan. Saya masih sangat baru dalam dunia ISO ini, jadi masih harus banyak belajar. mohon informasinya yang dapat mendukung pengetahuan saya tenatng ISO 9001:2000/2008. Terima Kasih..

  23. Susilo dimyati

    Kepada Sdr Iffa,

    Apakah sdh ada yang diperlukan merujuk pada hal yg dismapaikan mengenai disain dan pengembangan training.

    Wass

    S Dimyati

  24. darma hendra

    bagaimana langkah
    langkah menyusun rencana QMS pada perusahaan baru dan bagaimana
    memastikan QMS berjalan dengan baik

  25. Abe

    Selamat Siang,
    Numpang Tanya, misalnya kita sudah membuat Standard Prosedur penjualan, apakah kita juga harus menentukan form standart yg harus dipakai dalam pelaksanaan SOP tsb? misalnya form penawaran harga, apakah perlu ditentukan form bakunya? termasuk diberi nomor identitas, tgl terbit, revisi dsb. jika ternyata ada perbedaan form yg dipakai apakah itu termasuk menyalahai prosedur? Terima kasih.

  26. Ir.Chairil SPd

    selamat Siang ,
    Saya sangat membutuhkan hal-hal yang berhubungan dengan ISO 9001 dan 14001 untuk diaplikasikan pada SMK . untuk itu Kami mohon Bapak berkenan menmbanti.
    Atas bantuan dan kerjasamanya diucapkan terima kasih

  27. tina

    hi..saya tina kebetulan perusahaan kami mo bikin sertifikasi OHSAS dan ISO, punya nomor konsultan yg bisa di hubungi ga??

    thx

  28. Ditha Diana

    Saya Ditha,
    Boleh bantu penjelasan tentang standar ISO untuk klinik perusahaan tambang? Perusahaan saya sedang menyiapkan pengadaan in-house clinic untuk perusahaan tambang.
    Trims.

  29. Devy Verawati

    Saya memerlukan data ataupun penjelasan tentang pengaruh internal audit terhadap sistem manajamen mutu untuk tugas skripsi saya.Bagaimana saya dapat menganalisa data teori dengan data perusahaan.Terimakasih

  30. rezy (PTSL)

    Ada yang bisa bantu saya, rekanan mungkin punya logo dan gambar K3. Kami sedang prepare sistim tersebut. Mungkin bisa bantu. Thanks

  31. Me

    Saya sedang menjalani skripsi dan tertarik untuk membahas ISO 9001:2000, terutama dalam hal implementasi ISO 9001:2000 terhadap perusahaan. Saya memohon saran bagaimana sebaiknya saya terhadap implementasi ini? intinya saya harus kemana terus terang saya masih bingung belum mendapatkan suatu kejelasan mau diapakan ISO 9001:2000 yang tepat untuk perusahaan, tempat saya skripsi. Saya mohon balasannya, terima kasih………………

  32. Toni

    Saya Toni, mohon bantuan saya mencari daftar lembaga sertifikasi ISO 9001:2000 dan alamat2nya? di indonesia.

  33. christa

    elemen ISO 9001:2000 untuk perusahaan jasa itu apa aja??
    tolong dibantu yha, untuk keperluan skripsi saya, terima kasih

  34. ietHa

    daftar bank yang bersertifikat ISO apa aja sih…
    bisa bantu ga??? saya benar2 butuh secepat nya untuk menyelesaikan skripsi saya

  35. adi_p

    saya sedang menyusun sop untuk dept iklan pd surat kabar harian,sbg langkah awal rencana implementasi iso 9001,
    dr mana dan bagai mana sy hrs mulai?
    adakah panduannya?\terima kasih

  36. QMS Guy

    Dear Arie Yulia, pada dasarnya elemen yang diaudit adalah seluruh klausul ISO 9001:2000, mulai dari tanggung jawab manajemen, manajemen sumber daya (manusia, alat, lingkungan), proses pelayanan (mulai dari penerimaan pasien, perawatan, pencatatan, pelayanan kesehatan dan pendukung, desain pelayanan baru, kalibrasi alat), pemantauan dan pengukuran, hingga dokumentasi.

    Yang berbeda adalah interpretasinya. Situs ini sudah tidak diupdate. Please check http://www.QualityIndonesia.com for more updates, news, and downloads. Thanks.

  37. arie yulia r

    Saya mau tanya, untuk implementasi Iso 9001.2000 yang berkaitan dengan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit seperti apa?dan variabel-variabel yang diaudit apa saja?Kan beda sekali dengan di perusahaan. Mohon jawabannya, terima kasih……

  38. Sanly

    maaf, saya mau bertanya..
    kira-kira apa yang bisa diteliti dari ISO 9001 : 2000 ini berkaitan dengan topik audit untuk pembuatan skripsi?
    setelah saya membaca proses sertifikasi di atas, saya berminat untuk menjadikannya judul dari skripsi saya..
    terima kasih atas jawabannya..

  39. LUC

    ISO apakah lebih kepada pendokumentasian atau implementasi dilapangan. Saya bergerak di bidang kesehatan, banyak yang masih rancu tentang perlunya ISO jika sudah mendapatkan akreditasi, dan apa kelebihan ISO dibanding dengan akreditasi.
    Adakah cara yang jitu untuk mempermudah pendokumentasian dan persyaratan dari implementasi ISO 9001 : 2000
    Karena saya masih baru dibidang ini maka masih banyak tanya-tanya, mohon bantuannya.

  40. salman

    saya pernah mendengar 6 mandatory ISO;
    1. Pengendalian dokumen
    2. Pengendalian rekaman
    3. audit mutu internal
    4. Correction plan

    bisakah saya tahu yang lain ???

  41. QMS Guy

    Anna, secara legal seharusnya logo dan identitas tersebut harus dikeluarkan dari kop surat. Kemungkinan buruk yang dapat terjadi adalah badan sertifikasi menuntut Anda karena menggunakan “sesuatu yang bukan milik Anda”.

    Seperti kalau kita menginap disebuah hotel, membayar untuk 1 malam, kemudian besok malamnya kita masih menggunakan gym. Kemungkinan yang OK adalah hotel tsb membiarkan Anda, kemungkinan buruk adalah Anda akan dituntut karena menggunakan gym tanpa izin (maksud kami,… bayar fee untuk gym) :)

  42. Ali Maksum

    terimakasih tanggapannya dan untuk informasi perusahaan saya bekerja di yayasan yang bergerak di bidang pelayanan jasa ( rumahsakit ) dan saat ini kami lagi uji coba implementasi 9001-2000
    dan belum mendapatkan sertipikat

  43. Anna

    Selamat pagi, mau tanya… perusahaan kami sudah pernah mendapatkan sertifikat iso 9001 dari sgs…dan beberapa tahun yang lalu sudah berjalan dengan baik, akan tetapi dalam kelanjutannya kami tidak memperpanjang lagi sertifikat iso tersebut, karena masalah biaya dan ada alasan-alasan lain. Selama ini logo sertifikasi iso tersebut tercetak dalam kop surat perusahaan kami. Pertanyaan saya : dalam kondisi sekarang ini dan seterusnya kami tidak memperpanjang sertifikasi iso tersebut, apakah kami masih berhak untuk mencantumkan logo iso tersebut di kop surat perusahaan kami? ataukah harus dihapuskan logo iso tersebut dari kop surat tersebut? apabila kami masih mencantumkan/tercetak logo iso tersebut, apakah ada sanksi yang akan dikenakan? Terima kasih.

  44. mujiono

    Terima kasih banyak pak, sekaligus pesan ini saya maksudkan untuk minta ijin download (maksud saya memberitahu kalau saya sudah download)

  45. QMS Guy

    Tentu, Pak Ali. Weblog ini memang mengenai ISO 9001:2000, termasuk interpretasinya. Pak Ali bisa informasikan ke kita mengenai business line (industri)-nya, sehingga kita bisa lebih memberikan contoh di bidang tsb.

  46. Ali Mkasum

    saya lagi mencari panduan untuk audit internal ISO 9001-2000 bisa bantu terutapa interpretasi dengan pasal pasal ISO

  47. QMS Guy

    Pak Fajar, jika boleh tahu, apa bidang industri perusahaan Anda? Apa alasan utama untuk sertifikasi OHSAS?

    Dari 2 opsi, apakah mempelajari sendiri atau menggunakan konsultan, tergantung dari organisasi kita.
    * Apakah memiliki orang yang paham OHSAS?
    * Apakah memiliki orang yang ahli dalam identifikasi resiko?
    * Apakah memiliki orang yang paham aturan K3?

    Jika ada salah satu TIDAK, maka sebaiknya menggunakan jasa konsultan.

    Jika YA semua, berarti Anda qualified untuk implementasi tanpa konsultan.
    Kemudian:
    * Apakah ada kebutuhan untuk sertifikasi <1 tahun?
    * Apakah kita membutuhkan pihak lain untuk change management?

    Jika YA semua, mungkin kita perlu mempertimbangkan konsultan.
    Jika TIDAK, well, 100% tanpa konsultan.

    Yang Pak Fajar maksud dengan lembaga akreditator saya rasa lebih tepat disebut Badan Sertifikasi. Pak Fajar bisa melihat artikel kami sebelumnya mengenai Tips Memilih Badan Sertifikasi di :

    http://qualitysystem.wordpress.com/2007/07/25/tips-memilih-badan-sertifikasi/

    LRQA adalah salah satu dari sekian banyak badan sertifikasi yang ada di Indonesia. Basis badan sertifikasi ini adalah Inggris. Masih banyak opsi lain seperti SGS, TUV Nord, SAI, Verification NZ (VNZ), PSB, Sucofindo, AJA, BVQI, etc…

  48. fajar

    Saya awam dan perusahaan saya memiliki rencana untuk mendapatkan sertifikasi OHSAS 18001, step-step apa yang harus kami lakukan, perlukah jasa konsultan? bisakah menset up sendiri? lembaga akreditator apa yang sesuai untuk perusahaan kontraktor, apakah LRQA cocok? mohon penjelasannya

  49. QMS Guy

    You’re welcome, Pak Oksi! We’re happy if this can help. Keep visiting our site and also tell your colleagues to learn Quality System here :)

  50. QMS Guy

    Terima kasih juga, Pak Bastari. Jika ada komentar, feel free untuk posting. Let’s learn together, Pak Bastari!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s