Download: Prosedur ISO 9001:2000

Kemarin, ada yang bertanya kepada kami, apakah kami memiliki “…SOP wajib untuk standar ISO 9001:2000…”. Definisi “wajib” yang dimaksud oleh pembaca ini adalah prosedur yang disyaratkan ISO 9001:2000 untuk didokumentasikan oleh organisasi. Secara keseluruhan, dalam ISO 9001:2000 terdapat 6 klausul yang mensyaratkan dokumentasi atas prosedur, yakni :

  • Klausul 4.2.3 Pengendalian Dokumen: bagaimana cara (standar) organisasi untuk mengendalikan seluruh dokumen mutu yang beredar di dalam Quality System. Bagaimana metode pengajuan, revisi/perubahan, distribusi, penarikan, komunikasi/sosialisasi, dan persetujuan atas dokumen-dokumen di organisasi.
  • Klausul 4.2.4 Pengendalian Catatan Mutu: bagaimana cara (standar) organisasi untuk mengendalikan catatan mutu yang beredar. Berapa lama harus disimpan (retensi), dimana, apa yang dilakukan setelah melewati masa simpan.
  • Klausul 8.2.2 Audit Mutu Internal: bagaimana cara (standar) organisasi untuk melaksanakan proses Audit Mutu Internal, mulai perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, tindakan perbaikannya, hingga verifikasinya.
  • Klausul 8.3 Pengendalian Produk Tidak Sesuai: mengenai bagaimana cara (standar) organisasi jika menemukan produk yang tidak sesuai (NC/Non Conformity), baik di dalam organisasi maupun setelah diteruskan ke proses/organisasi di luar organisasi kita.
  • Klausul 8.5.2 Tindakan Perbaikan: bagaimana cara organisasi untuk melaksanakan tindakan perbaikan jika menemukan masalah atau ketidak sesuaian, mulai dari identifikasi masalah, akar masalah, solusi, hingga verifikasi.
  • Klausul 8.5.3 Tindakan Pencegahan: bagaimana cara organisasi untuk meningkatkan kinerja Quality System-nya secara terus menerus lewat identifikasi potensial masalah dan ide perbaikan.

Nah, kami juga mencoba memberikan file yang kami susun secara sangat sederhana, dimana hanya ada point-point dasar yang menjadi persyaratan ISO 9001:2000 tsb. Jika Anda membutuhkannya sebagai referensi dasar, Anda dapat mendownloadnya disini, untuk kemudian dikembangkan dan disesuaikan lebih lanjut untuk organisasi Anda.Selamat Mencoba!

About these ads

9 comments

  1. Ela Komariah

    Download: Prosedur ISO 9001:2000
    saya coba download tapi gak bisa pak apa bisa dikasih link nya lagi.

    makasih

  2. septian

    saya sudah sertifikasi iso 9001;2008 tapi ada kendala mengenai proses untuk outsourching di QMS manual belum teridentifikasi. saya mohon saran n kalau ada contoh untuk prosedur tersebut.

  3. umi

    Kami berharap Bapak dapat memberikan penjelasan kepada kani
    – Sejauh mana tugas pengeandali dokumen agar dapat mengendalikan dokumen dalam satu lembaga / sekolah ?
    _ Bagaiamana upaya yang harus ditempuh agar seluruh komponen dalam satu lembaga dapat memyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawanya shg iso 9001-2000 dapat diterapkan dalam lembaga tersebut

  4. dody

    mohon informinya!

    – Bagaimana cara pengajuan ISO 9001:2000?
    – Syaratnya apa saja?
    – Prosesnya bagaimana?
    – Proses administrasinya bagaimana?

  5. moti

    Saya sedang menyelesaikan skripsi yang berhubungan dengan ISO 9001:2000 ini. Saya minta bantuannya soalnya file ga bisa di donlot. Saya mohon bisa dikirim ke email saya di moti_tp@hotmail.com
    Saya ucapkan terimakasih banyak

  6. siti sulastri

    Saya mahasiswi Univ.Indonusa Esa Unggul. Saya sedang tugas akhir, dan saya mengambil judul Implementasi ISO 9001:2000. Yg saya mau tanyakan, kira2 langkah2 apa yang harus saya ambil bila ingin menerapkan ISO 9001:2000 pada sebuah perusahaan yang memproduksi alas kaki atau footwear.
    terima kasih

  7. Sarisklo

    Mohon jawaban :
    1. Bagaimana cara mengendalikan dokumen dan contohnya ?
    2. Apakah prosedur yang dibuat perlu pengendalian Dokumen?
    3. Bagaimana cara pemberian no, kode dokumen dan kami mohon dengan contohnya.

    Segalah bantuan kiranya yang diatas memberi berkat atas bantuan.
    Terimakasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s