Lantas, Apa Itu ISO 9001:2000?

Jika organisasi Anda belum menjalankan sistem manajemen mutu terutama yang berbasis ISO 9001:2000, akan banyak sekali pertanyaan “ISO 9001:2000 itu apa sih?” saat pertama kali judul standar ini dipakai di organisasi Anda.

Kami dalam 10 tahun terakhir sudah mengunjungi dan menangani lebih dari 200 organisasi, baik besar maupun kecil terkait implementasi sistem manajemen mutu (Quality Management System), dan selalu menemui pertanyaan tersebut. Memang pada awalnya, Anda akan kesulitan menjelaskan kepada rekan Anda, atau bawahan Anda, (atau bahkan atasan Anda), saat pertanyaan sederhana ini dilontarkan.

Lantas apa itu ISO 9001:2000?

Definisi “apa itu” harus Anda pahami. Jika maksud dari lawan bicara Anda adalah benar-benar “apa”, maka ISO 9001:2000 adalah standar internasional untuk sistem manajemen mutu.

Pertanyaan berikutnya yang muncul tentu saja:
“Errr? Maksudnya?”

Nah, disini Anda harus melanjutkan dengan:

Sistem Manajemen Mutu adalah bagaimana cara organisasi kita menjaga dan meningkatkan kualitas dari produk kita, nah.. yang dimaksudkan dengan ‘cara’ itu mulai dari komitmen manajemen, manajemen sumber daya, proses realisasi produk, dan pengukuran, analisa, perbaikan di sistem kita, sehingga produk kita selalu dijaga kualitasnya dan terus menerus ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan.

ISO 9001:2000 itu seperti buku panduan membangun rumah.
Di buku panduan ini dia menjelaskan komponen utama dari rumah itu apa saja, misalnya harus memiliki pondasi, harus memiliki dinding yang baik, dan rangka yang kokoh. Kemudian, di buku panduan ini juga disebutkan bahwa untuk menyelesaikan proses membangun rumah, Anda harus memiliki sumber daya manusia yang cukup, alat yang memadai. Setelah Anda selesai, pastikan Anda memiliki metode untuk memeriksa kualitas hasil pekerjaan. Itulah ISO 9001:2000.

Tetapi, apakah di buku panduan membangun rumah tersebut dijelaskan berapa ukuran pondasi?
Tidak, karena sangat tergantung pada ukuran rumah Anda, tekstur tanah, cuaca dan iklim.

Apakah di buku panduan membangun rumah tersebut dijelaskan mengenai siapa yang harus mengawasi, bagaimana kualifikasi tukang cor?
Tidak, karena sangat tergantung pada tipe rumah Anda, skala proyek pembangunan, ketersediaan sumber daya di daerah tersebut, dan kemampuan Anda membayar.
Itulah ISO 9001:2000!

ISO 9001:2000 tidak menjelaskan bagaimana organisasi harus berjalan, bagaimana cara rekrutmen, bagaimana cara kalibrasi, cara inspeksi; karena sangat tergantung dari bidang bisnis Anda, tingkat kualitas yang diharapkan pelanggan Anda, kemampuan pemasok Anda, dan juga tentu saja tergantung dari Anda.

ISO 9001:2000 menentukan apa yang harus Anda tetapkan, bukan bagaimana cara Anda menerapkannya.

Jadi, seberapa efektif sistem manajemen mutu Anda, tergantung Anda. Seberapa besar manfaat ISO 9001:2000 untuk Anda, Andalah yang menentukannya.

Weblog ini mengajak kita untuk membuat sistem yang baik luar biasa! Develop Great System!

About these ads

  1. Ayu

    Saya bener-bener awam,
    Bagaimana cara sebuah organisasi mendapatkan ISO 9001:2000? Siapa yang menilai atau memberikan sertifikasi tersebut ? Dan bagaimana proses atau tahapannya?

    • QMS Guy

      Hi, finally we’re back. :)
      Ibu Ayu, yang dapat menilai dan memberikan sertifikasi adalah badan sertifikasi. Proses untuk mencapai pemenuhan standard/requirements sendiri dibantu oleh konsultan ISO.
      Langkah pertama adalah menghubungi konsultan untuk melakukan asesmen.

    • Ari

      Kalau menurut saya perbedaan paling signifikan adalah saat menentukan corrective dan preventif action di dalam ISO 9001:2008 lebih ditekankan bukan hanya penanganan terhadap masalah, tetapi proses improvement / perbaikan

  2. Putu Adnyana

    Agar Organisasi anda dapat disertifikasi ISO, anda diharuskan memenuhi beberapa Kriteria/ Clausul. Jadi harus punya ini, harus punya itu sesuai dengan tuntutan standar yang diacu.

    Bila Organisasi anda mau lebih komprehensif dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu, sebaiknya dikombinasi dengan Malcolm Baldrige. Dalam Malcolm Baldrige anda ditanya, bagaimana cara anda agar anda punya ini dan punya itu? Cara anda itulah yang akan dinilai, apakah efektif cara yang telah anda tetapkan. Bagaimana hasilnya / impact nya terhadap kemajuan Organisasi Anda?

    OK selamat ber ISO dan ber Malcolm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s