Tips Memilih Badan Sertifikasi

Certificate

Jadi, sekarang Anda saatnya Anda untuk memilih badan sertifikasi. Bisa jadi Anda baru selesai mengimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, atau setelah sertifikat Anda habis masa berlakunya Anda mencoba untuk menggunakan jasa badan sertifikasi lain.Ingat, bukan berarti jika pada saat awal implementasi kita disertifikasi lantas sertifikasi tersebut berlaku selama-lamanya. Sertifikat hanya berlaku 3 tahun. Setelah 3 tahun terdapat 2 pilihan, apakah Anda melanjutkan sertifikasi dengan badan sertifikasi yang sama atau tidak.

Nah, di Indonesia terdapat banyak sekali badan sertifikasi yang bisa Anda pilih dan seluruhnya sudah menggunakan auditor lokal yang tentu saja lebih memudahkan kita (dan anggota organisasi) untuk berkomunikasi dengan mereka.

Kualifikasi sebagian dari auditor juga sudah bagus dan sebagian bahkan memiliki jam terbang melakukan audit di luar negeri.

Ada beberapa hal yang kami sarankan untuk Anda lakukan untuk memilih badan sertifikasi di Indonesia:

  1. Perhatikan ruang lingkup sertifikasi Anda dan apakah ruang lingkup tersebut sesuai dengan kemampuan dari badan sertifikasi. Setiap badan sertifikasi diakreditasi untuk ruang lingkup yang dianggap ‘mampu’ oleh badan akreditasi. Misalnya, BVQI dalam akreditasi UKAS dapat melakukan audit untuk ruang lingkup EA1 Agriculture, sedangkan AJA Registrar tidak.
  2. Selaraskan alasan untuk disertifikasi (terutama jika sertifikasi adalah persyaratan pelanggan kita), jika kita memilih badan sertifikasi yang juga dikenal dan “diakui” oleh pelanggan, tentu saja ini lebih menguntungkan. Misalnya jika kita mensuplai ke perusahaan otomotif di Prancis, Citroen, bisa jadi badan sertifikasi dari Prancis lebih mereka sukai.

Langkah berikutnya adalah:

  1. Perhatikan pengalaman dari badan sertifikasi yang sedang Anda bandingkan. Apakah mereka pernah melakukan audit di bidang industri Anda. Apakah mereka mengaudit kompetitor Anda, pemasok Anda, pelanggan Anda. Sebagian perusahaan tidak menyukai badan sertifikasi yang mengaudit kompetitor mereka, sebagian justru condong ke badan sertifikasi yang mengaudit kompetitor mereka.
  2. Perhatikan pengalaman auditor mereka yang akan ditunjuk mengaudit organisasi Anda. Adalah hak Anda juga untuk memilih lead auditor dan auditor yang ditugaskan. Pelajari CV mereka (pengalaman audit, pengalaman di bidang serupa).
  3. Tanyakan kemudahan mengatur jadwal. Badan sertifikasi ‘besar’ cenderung sulit kita tentukan jadwalnya, karena mereka sendiri memiliki klien yang sangat banyak yang harus diaudit. Minta komitmen mereka untuk menyesuaikan jadwal mereka untuk kita, mumpun mereka sedang dalam posisi “menjual”.
  4. Bandingkanlah biaya sertifikasi yang mereka tawarkan. Umumnya biaya ini masih negotiable. Bandingkanlah dengan beberapa badan sertifikasi yang memenuhi persyaratan-persyaratan lain di atas. Perhatikan juga biaya surveillance audit, karena Anda akan ditagih untuk setiap kunjungan mereka (umumnya 6 bulanan).
  5. Beberapa badan sertifikasi mulai memberikan value-added services, cobalah pertimbangkan manfaatnya bagi Anda. Jangan terjebak, tidak semua layanan tambahan tersebut Anda perlukan.
About these ads

38 comments

  1. Heynce Berdnard

    Saya Hence dari PT. Jae Hyun Indonesia. Bagaimana cara kita untuk mengecheck akerditasi suatu badan sertifikasi (ISO 9001, ISO 14001 dan OHSAS 18001) agar kita yakin bahwa Badan Sertifikasi yang akan kita pakai tersebut terakreditasi oleh Badan Akreditasi Internasional. Terima kasih.

  2. hardijansah

    Saya bekerja di suatu perusahaan jasa transportasi (Persewaan Truk Trailer).
    Kalau perusahaan saya ingin memiliki Sertifikat ISO,sebaiknya ISO kategori yg mana ? Trus hrs mulai dari mana.
    Kalau bisa minta nama n no.telp Badan Serifikasi ISO yg cukup berkualitas di Surabaya.

    • Wieke Savitri

      Bapak Hardijansah bisa menghubungi kami :
      TUV NORD Indonesia
      Graha Pangeran Lt.7-H1
      Jl. A. Yani 286
      Ph :031-8292602
      Fx :031-8292723
      e-mail :wieke@tuv-nord.com

  3. gatot

    saya kira untuk acuan badan sertifikasi bisa dilihat di ukas.com > Accredited Bodies. Disitu bisa dilihat badan akreditasi mempunyai kualitas internasional atau lokal….

  4. aldino

    Bisa minta tolong, urutan atau daftar badan sertifikasi yang berkualitas dalam ISO 9001 : 2008 ???
    Dan nama dan alamat perusahaan sertifikasi ISO 9001:2008 yang dapat dihubungi di Surabaya

  5. oriflamebiz

    Perusahaan saya sudah 3 kali sertifikasi ISO 9001 : 2000 dan berniat untuk pindah badan sertifikasi. Mohon informasi badan sertifikasi yang mutunya bagus apa saja ya? Khususnya dalam hal kualitas auditornya, karena alasan kepindahan badan sertifikasi ini karena kita kurang puas dengan kualitas auditor dari badang sertifikasi sekarang dan masukan-masukan mereka saat audit dinilai kurang memberikan kontribusi terhadap improvement yang dapat dilakukan di perusahaan kami.

    Trims,
    Lia Yulianti

  6. Ifan

    Pak sy mempunyai produk barang elektronik buatan sendiri. Rencananya ingin mengajukan sertifikasi SNI karena pasar sy utamakan untuk dalam negeri. Apakah boleh bagi usaha home industri mengajukan SNI? bagaimana syarat2nya?

  7. Herdiansyah

    Salam Kenal.
    Kami PT. TUV NORD Indonesia merupakan salah satu lembaga sertifikasi asal German yang sudah memperoleh akreditasi dari KAN, dan dapat memberikan jasa sertifikasi untuk:
    1. ISO 9001:2008
    2. ISO 14000
    3. OHSAS
    4. ISO 22000:2005
    5. HACCP
    6.ISO 20000/27000
    7. dll
    Untuk lebih lengkap silahkan hubungi kami di:
    021-57992211 atau 021-57992210

    • dimar

      Pa saya melaksanakan penerapan ISO 9001:2008 di PT saya.
      Gambaran untuk biayanya berapa dan proses sertifikasi prosesnya berapa lama

  8. latifah hanoum

    Mohon informasi nama dan alamat perusahaan sertifisikasi ISO 9000 di Jawa Timur yang berpengalaman di bidang manufactur pengolahan karet. Terima kasih atasbantuannya,

  9. haris

    Mohon bantuan nama & alamat perusahan sertifikasi Japanese Indutrial Standards ( JIS ) yang dapat dihubungi. Kalau bisa mohon diberikan saran perusahaan mana yang terbaik. Trims

  10. dwi

    Mau tanya pak. Baiknya kalau kami cuma ingin punya sertifikasi aplikasi desktop, kayak MS Office misalnya, mana lebih baik, sertifikasi dari pihak vendor sendiri atau yang diadakan LSP? soalnya yang dari vendor tidak pake surveillance, sedangkan dari LSP pake. pliss pencerahannya.

  11. QMS Aficionado

    Sedikit OOT dari per-ISO-an. Seandainya suatu perusahaan membangun standar sistem mutu sendiri (bukan ISO, bukan SNI, dll), bolehkan perusahaan tersebut bertindak sebagai “badan sertifikasi” berdasarkan standar mutu tsb? Sbg contoh, supplier harus lulus sertifikasi untuk bisa memasok di perusahaan tsb.
    Pertanyaan selanjutnya, bolehkan perusahaan tsb menunjuk unit regional di bawahnya sebagai badan sertifikasi? Artinya, induk perusahaan bertindak sbg “badan akreditasi”, sekali lagi menggunakan standar mutu versi internalnya.
    Bagaimana keterkaitannya atau keabsahannya jika ditinjau dari KEPRES ttg BSN dan AKN?
    Plis-plis-plis…, tolong dijawab. Thx sssoooo… vvwery much b4.

  12. Ernita

    btw, boleh ga yah saya ikut di blog ini untuk memasarkan jasa sertifikasi?

    karna sekarang saya kerja untuk badan sertifikasi ISO di singapore. Sudah beberapa perusahaan di jakarta bekasi yang kita certified. Jadi mau cari lagi..

    untuk lebih lanjutnya, bisa email saya ke ernita@gicg.co.uk

    Atau untuk lebih tau perusahaan kita ke website kita saja. http://www.gicg.co.uk

    yang pasti harga kita bersaing sekali dengan pasar di Indonesia.

  13. elly

    sekolah tempat saya bekerja mau menuju sekolah yang bersertifikat iso 9001:2000. karena masih awam kami bingung menentukan yang mana. sudah ada beberapa yang melakukan sosialisasi ke sekolah. bisakah anda memberikan informasi tentang badan sertifikasi yang paling baik dan berpengalaman?

  14. bams

    saya sangat tertarik iso 9000:2000, kebetulan sekarang di tempat kerja akan sertifikasi. Saya mau tanya adakah badan sertifikasi yang berpengalaman di bidang laboratorium rumah sakit ?

  15. sakti

    saya sangat tertarik ikut sertifikasi iso terutama iso 22000, haccp, dan gmp (terutama untuk yang individu). tapi saya tidak mengerti harus mulai dari mana? adakah badan pelatihan sertifikasi tersebut? kalo ada dimana saya menghubunginya? terima kasih

  16. Jojok Wijiatmoko

    Saya mau tanya mengenai masalah maintenance /audit surveillence ISO 9001-2000 tahapannya apa saja dan kegiataannya apa saja? Kebetulan kami di SAMSAT mau mengadakan kegiatan tersebut. Trimakasih sebelumnya.

  17. Heri

    Saya mengelola Lembaga Pendidikan IT, jika ingin menerapkan standar ISO 9001:2000, mulai dari 0, apa -apasaja yang harus saya lakukan, mohon penjelasannya. terima kasih

  18. QMS Guy

    Pak Fuji, tidak benar bahwa pembuatan form dan prosedur dilakukan oleh MR. Management Representative (QMR, Wakil Manajemen) adalah “Boss”, “Manager” untuk sistem manajemen mutu. Dia adalah orang (management level) yang ditunjuk untuk me-manage sistem. Biasanya pekerjaan administrasi bisa diserahkan ke orang lain (karyawan clerical), atau malah dioutsource.

    Sertifikat memang berlaku 3 tahun, tetapi akan diaudit setiap 6 bulan (atau 1 tahun) sekali (surveillance audit).
    Setelah 3 tahun, maka akan dilakukan audit menyeluruh ‘ulang’ seperti pada saat sertifikasi pertama kali.

    Jika audit sertifikasi mengaudit seluruh, katakanlah 25 Dept, maka pada audit surveilans (surveillance audit), hanya 5-8 Dept. Tetapi setelah 3 tahun, kembali dilakukan audit menyeluruh 25 Dept.

  19. Fuji

    saya mau tanya, sebenarnya pelaksanaan ISO itu apakah selalu dikerjakan oleh MR? maksudnya pembuatan formulir dan prosedur, bagaimana cara pengendalian dokumen yang baik? kemudian setelah jadwal ekternal audit selesai bagaimana status sertifikat tersebut setelah 3 tahun dijalani? mohon bantuannya….terima kasih
    Fuji

  20. QMS Guy

    Pak Ipank, sertifikasi individu berbeda dengan sertifikasi terhadap organisasi.
    Sertifikasi personal atau individu yang diberikan organisasi penyedia jasa pelatihan memang umumnya tidak memiliki masa berlaku, terutama jika bukan bersifat SKILL CERTIFICATION. Untuk SKILL, biasanya memiliki masa berlaku, misalnya untuk auditor sistem manajemen mutu, perawat, dsb.
    Fungsi sertifikat ini umumnya sebagai dokumentasi/bukti kompetensi dari seseorang. Sertifikat yang Pak Ipank dapatkan, menunjukkan bahwa menurut organisasi yang memberikan pelatihan tsb, Pak Ipank kompeten (baca: memahami) ISO 22000.

    Sertifikasi untuk organisasi, misalnya untuk standard ISO 9001:2000 atau ISO 22000, memiliki masa berlaku 3 tahun.

  21. ipank

    saya mau tanya, perbedaan sertifikat biasa (bersifat basic) dengan sertifikat untuk auditor itu apa?
    fungsi dari sertifikat yang biasa tersebut apa saja?
    Perlu diketahui, saya mengikuti pelatihan ISO 22000, dan katanya sertifikat tidak ada masa berlakunya. mohon penjelasannya

    tx..

  22. QMS Guy

    Pak Setyabudhi,
    anda dapat mendownload persyaratan standar ISO 9001:2000 di
    “http://qualitysystem.wordpress.com/2007/07/10/download-standar-iso-90012000/”

    jika anda telah memenuhi persyaratan2 yang ada di sana, anda bisa meminta badan sertifikasi untuk melakukan audit di lembaga pendidikan anda.

    semoga bermanfaat.

  23. setyabudhi

    Saya pengelola lembaga pendidikan, bagaimana persyaratan untuk dapat mensertikasi iso9000:2000, dan mohon dikirimi softcopy tentang instrumen/form untuk iso 9001:2000 untuk mendapatkan sertifikasi, agar lembaga pendidikan yang saya kelola dapat mempelajarinya. Trim’s sebelumnya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s