Sherlock Holmes’ Wisdom: GO GEMBA!

Kemarin ini saya baru membaca satu buku menarik yang di dalamnya menceritakan mengenai pengalaman Sherlock Holmes dan Dr. Watson yang sedang berpetualang dengan berkemah.

Suatu malam mereka sedang tidur di bawah langit malam saat Sherlock bangun dan menggoyang-goyang rekannya. “Watson, lihatlah langit dan katakan apa yang kau lihat?”

“Aku melihat jutaan bintang terang!” jawab Watson.
“Dan apa yang dikatakannya kepadamu?”, Tanya Sherlock.

Watson terdiam dan kemudian dengan yakin berkata:
“Secara astronomi ia mengatakan bahwa di sana ada galaksi yang tak terhitung dan mungkin miliaran planet. Secara astrologi ia mengatakan bahwa Saturnus berada di rasi bintang Leo. Secara teologis, aku melihat bahwa Tuhan Mahakuasa dan kita ini kecil dan tidak ada artinya. Menurutmu, Sherlock?”

Sherlock terdiam, ”Yang kulihat, Watson, adalah ada orang yang telah mencuri tenda kita!”

Hahahahaha saya terbahak-bahak membaca cerita ini.

Moral dari cerita ini adalah jangan pernah mengabaikan hal yang nyata, apapun keadaannya. Begitu banyak perusahaan yang telah kami kunjungi, kebanyakan dari mereka sudah mempersenjatai para profesional di bagian QC dan QA (ataupun Continous Improvement Department) dengan berbagai teknik untuk pengendalian kualitas dan rekayasa proses. Mereka suka sekali melakukan analisa teknis dengan tools baru dan hitungan statistik yang canggih.

Sejujurnya saya sangat senang melihat realitas ini. Namun entah kenapa agak sulit untuk meminta mereka untuk benar-benar turun ke lapangan melihat kondisi/permasalahan aktual yang terjadi di lapangan.

Pesan kami mengenai hal ini adalah : setiap permasalahan yang akan anda selesaikan, solusi yang akan Anda munculkan akan meningkat 20 kali lipat ketika anda benar-benar turun ke lapangan.

Melihat, memperhatikan, merasakan, dan menganalisa di tempat permasalahan tersebut bukanlah pekerjaan tambahan untuk menyelesaikan masalah. Tapi ini adalah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan ketika Anda ingin mencetak solusi untuk permasalahan yang Anda hadapi.

Melihat ke lapangan + Analisa data = Problem Solving
Analisa data tanpa melihat ke lapangan = Concepting 

Tidak mungkin bagi Sherlock Holmes untuk menyelesaikan kasusnya tanpa melihat tempat kejadian perkara. Saya jamin akan menjadi hal yang mustahil untuk Anda juga untuk mencapai tujuan yang ingin Anda capai jika Anda mengendarai kendaraan anda dengan mata ditutup dan hanya berdasarkan bisikan informasi dari teman anda yang ada di belakang atau di samping Anda.

Begitu juga dengan profesional kualitas, anda akan menjadi seperti Dr Watson yang gagal melihat fakta yang begitu nyata dan sederhana jika anda tidak melihat ke lapangan!

Develop Great System!
Up Your Quality System!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s