JD Power Initial Quality Study 2007

J.D. Power and Associates adalah sebuah firma informasi pemasaran global yang berdiri sejak tahun 1968. Mereka melakukan survey atas kualitas barang, jasa, kepuasan pelanggan secara independen. Hasil survey mereka sering menjadi acuan/referensi bagi perusahaan-perusahaan dalam menganalisa posisi mereka.

Bulan lalu mereka mengeluarkan hasil survey mereka untuk kategori otomotif di Amerika Serikat. Berikut ringkasan dari hasil survey mereka.

PP100 adalah ukuran yang digunakan oleh JD Power untuk melihat kualitas dari merek kendaraan yang disurvey. PP100 adalah indikator jumlah masalah dalam 100 kendaraan selama 90 hari pertama (jumlah masalah/defect per 100 kendaraan, satu kendaraan bisa memiliki lebih dari satu masalah contoh bunyi pada mesin, lecet dll, selama 90 hari sejak pembelian).

Semakin kecil nilai PP100 artinya jumlah masalah semakin sedikit dan itu otomatis berarti semakin baik. Jika Anda melihat hasil survey ini, Anda dapat melihat dari grafik bahwa rata-rata industri otomotif saat ini adalah 125 PP100. Artinya, rata-rata dari 100 kendaraan di Amerika memiliki 125 masalah dalam 90 hari pertama mereka memiliki kendaraan ini. Jadi, jangan terlalu kaget juga jika saat Anda membeli sebuah mobil baru, banyak sekali masalah yang Anda temukan.

Disebutkan juga bahwa dalam 20 tahun terakhir, setiap tahunnya secara rata-rata terjadi 6% peningkatan kualitas, atau setara dengan 120%! Perhatikan juga evolusi kualitas produk Korea, saat ini merek Korea (Hyundai, Kia) sudah bisa tampil lebih baik dari industry-average dan mengungguli beberapa senior mereka dari Eropa, Amerika, dan juga Jepang!

Menarik?

Ada yang lebih menarik lagi, jika hal ini Anda bawa ke organisasi Anda, ada beberapa pertanyaan yang ingin kami tanyakan:

  • Apakah Anda memiliki data mengenai posisi organisasi Anda di industri?
  • Apakah Anda sudah memiliki data benchmarking di luar angka market share?
  • Sudahkah Anda memanfaatkan data-data yang ada secara maksimal secara strategis?
  • Apakah Quality System Anda dari tahun ke tahun terjadi penurunan produk tidak sesuai?
  • Apakah tiap tahun ada penurunan jumlah komplain?
  • Berapa persen peningkatan kualitas Anda dalam 3 tahun terakhir?

Saatnya untuk membenahi Quality System kita, Let’s Up Our Quality System, Guys!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s