Cost Of Quality – Tuntutan Terhadap Cadbury

Cadbury

Kita disini pasti sudah familiar dengan coklat Cadbury. Baru baru ini, ada insiden mahal yang harus dibayar produsen coklat Cadbury di London (Cadbury Schweppes PLC).

Mereka dituduh mendistribusikan coklat yang terkontaminasi Salmonella dari tanggal 19 Januari sampai dengan 10 Maret tahun 2006, yang menyebabkan lusinan orang keracunan (food poisoning). Hal ini akhirnya diakui oleh Cadbury pada bulan Juni 2007.

Sebelum itu, Cadbury sudah menarik (recalled) satu juta produk coklat mereka di Inggris setelah kontaminasi ditemukan. Recall tersebut memakan biaya 30 juta Poundsterling (600 milliar rupiah dengan kurs 1 Pound = 20.000 Rupiah). Biaya ini belum mencakup menurunnya kepercayaan pelanggan terhadap Cadbury.

Tiga tuntutan terhadap Cadbury tersebut antara lain :

  • “Mendistribusikan ke pasar produk coklat siap makan yang tidak aman, dimana tidak layak untuk konsumsi dan dapat berdampak buruk terhadap kesehatan, dikarenakan adanya organisme salmonela “
  • “Cadbury gagal memberikan informasi dengan cepat pada otoritas yang berkompeten bahwa coklat produk mereka yang ada di pasar dapat berdampak buruk pada kesehatan dikarenakan adanya organisme sallmonela”
  • “Cadbury gagal mengidentifikasi potensi bahaya dari produk coklat mereka yang terkontaminasi sallmonela dan gagal mengidentifikasi Titik Kontrol Kritis (CCP/Critical Control Points) dan tindakan perbaikan yang sesuai dengan prinsip HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points/Quality System di industri makanan, populer juga dengan istilah Food Safety Management System)”

Masing masing tuntutan dapat menyebabkan penalti maksimal denda tak terbatas dan sampai dengan 2 tahun kurungan untuk para manager yang diidentifikasi menyebabkan masalah tersebut.

HPA (Health Protectional Agency), badan otoritas yang berwenang di Inggris mengenai Food Safety melaporkan bahwa ada bocoran pada pipa air limbah pada pabrik Cadbury di Herefordshire. Bocoran ini meneteskan bakteri pada remahan coklat yang digunakan untuk berbagai coklat batangan. Perusahaan mengetahui masalah ini dari bulan Februari 2006 tetapi menyelesaikan kebocoran ini tanpa melakukan penarikan produk dan tidak menginformasikannya pada otoritas berwenang.

Bermain cantik, bermain anggun, Cost of External Failure is Very Expensive!
Periksa kembali Quality System Anda (dan lakukan terus menerus), satu kesalahan kecil, satu pelanggaran pada prosedur kerja, dapat menyebabkan dampak yang sangat besar pada posisi organisasi Anda di industri tersebut.

Sudahkah Anda mengembangkan sistemnya?

Develop Great System!
Up Your Quality System!

One comment

  1. celly octavia martadinata

    apakah coklat cadbury bikin kita gemuk ???
    soalnya aku kurus bgt ‘ pengen gitu gemuk .
    kata org kllo makan coklat banyak bisa menambah berat badan ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s