Milik Pelanggan Anda??

Salah satu pembaca menanyakan kepada kami mengenai klausul 7.5.4. Klausul ini mensyaratkan kita untuk “…memelihara barang milik pelanggan…”. Apa sih maksudnya?

Pertanyaan pertama yang harus Anda ajukan kepada diri Anda adalah:

Apakah Anda memiliki barang milik pelanggan
yang harus Anda jaga?

Apa sih barang milik pelanggan? Yang dimaksud dengan milik pelanggan adalah segala sesuatu yang diserahkan oleh pelanggan kita untuk kebutuhan proses, dititipkan, sudah dibeli tetapi belum diambil, dipinjamkan, contoh.

Disebutkan bahwa “Organisasi harus mengidentifikasi, memverifikasi, melindungi, dan menjaga milik pelanggan yang disediakan untuk digunakan atau disatukan dalam produk”

Tiap industri dan tiap perusahaan tentu saja berbeda.

Di bank, data nasabah merupakan contoh barang milik pelanggan! Bank harus bisa melindungi data ini. Data ini diberikan oleh pelanggan untuk digunakan Bank, agar Bank bisa melayani pelanggan dengan lebih baik.

Di perusahaan desain dan percetakan; desain dan ide dari pelanggan adalah barang milik pelanggan! Perusahaan ini harus melindungi dan menjaga agar tidak “diambil” oleh pihak lain.

Di kamar bedah, perhiasan pasien yang dititipkan pada saat operasi adalah barang milik pelanggan! Kamar bedah harus mampu melindungi dan menjaga agar tidak hilang.

Di perguruan tinggi, jika mahasiswa sudah mengisi Kartu Rencana Studi dan disetujui, maka satu posisi di kelas tsb adalah milik pelanggan. Jangan sampai, walaupun KRS sudah disetujui, tetapi pada saat kuliah dimulai ternyata kelas tersebut penuh dan mahasiswa tsb kehilangan kesempatan mengikuti kuliah.

Di hotel, seluruh barang pelanggan di kamar, seluruh perhiasan yang dititipkan di Front Office, privacy, data tamu, adalah barang milik pelanggan juga!

Di gudang pabrik, saat pelanggan sudah memberikan order dan sudah diberikan konfirmasi barang mana yang akan dikirim ke pelanggan, maka barang yang di Gudang ini adalah barang milik pelanggan! Kita harus menjaganya, walaupun barang tersebut masih ada di gudang kita. Begitupun, saat PENGIRIMAN.

Sudahkah Anda memelihara barang pelanggan? Tentu saja, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah IDENTIFIKASI yang mana saja barang milik pelanggan.

Dan, ingat juga, bahwa barang milik pelanggan dalam klausul ini termasuk hak milik intelektual, seperti desain, ide, software (code), pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s