Recall di Mattel

Minggu ini, produsen mainan anak-anak terbesar di dunia, Mattel, kembali menarik (recall) ratusan ribu produk (mainan anak-anak) mereka yang diduga berbahaya bagi anak-anak. Sebagian karena memiliki komponen-komponen berukuran kecil yang dapat tertelan oleh anak-anak, dan sebagian lagi karena dicat dengan bahan yang berbahaya (beracun) bagi anak-anak. Ini adalah recall yang kesekian kalinya dalam setahun terakhir.,

Produk yang ditarik antara lain Barbie, Polly Pocket, dan Batman. Saat ini Mattel yang sangat populer dengan Barbie, memproduksi mainannya di beberapa negara. 65% dari produk mereka diproduksi di Cina. Sementara sisanya di beberapa negara lain, termasuk Indonesia.

Setelah ditelusuri, ternyata kasus cat beracun pada mainan anak-anak yang ditarik mereka dihasilkan oleh salah satu kontraktor mereka di Cina yaitu Early Light Industrial. Produk yang diserahkan proses produksinya kepada Early Light Industrial ini, disubkontrakkan lagi oleh Early Light Industrial kepada Hong Li Da.

Disinilah permasalahan ini muncul. Hong Li Da tidak menggunakan cat yang diberikan oleh Early Light Industrial (standar dari Mattel), tetapi mereka menggunakan cat lain. Cat lain inilah yang ternyata mengandung zat beracun dan berbahaya bagi anak-anak. Tidak ada informasi lanjut mengenai apa yang menyebabkan Hong Li Da menggunakan cat lain, atau informasi mengenai mekanisme kontrol Early Light Industrial terhadap Hong Li Da, ataupun dari Mattel terhadap Early Light Industrial.

Yang pasti, dari beberapa kejadian recall ini, kepercayaan konsumen terhadap mainan anak-anak dan terutama terhadap merek Mattel menurun. Harga saham sangat terpukul.

Harga saham Mattel turun dari 29.60 USD menjadi 23.00 USD, alias turun 22.50%!

Saham Mattel

Mattel merasakan dampak yang sangat besar. Biaya recall mereka diperkirakan mencapai hampir 30 Juta USD. Nilai yang sangat besar. Belum lagi hilangnya kepercayaan, turunnya value pada merek mereka, turunnya pembelian di akhir tahun nanti (biasanya penjualan mereka sangat tinggi di hari Natal).

“Hanya” karena satu penyimpangan pada Quality System, satu ketidak sesuaian, satu kelemahan pada mekanisme kontrol outsourcing (di ISO 9001:2000 dibahas di klausul 4.1, 7.1, 7.4, 8.2.4), menyebabkan resiko bisnis yang sangat besar. Bukan hanya pada Hong Li Da, tetapi juga pada Early Light Industrial, dan terutama pada Mattel sendiri.

Print dan ceritakan kasus ini kepada rekan Anda, staf Anda, bahkan suplier Anda. Berikan mereka pemahaman bahwa satu penyimpangan saja bisa membuat kita semua kehilangan pelanggan, kehilangan pekerjaan, dan mungkin kehilangan perusahaan yang kita cintai…

2 comments

  1. QMS Guy

    Thanks Syafriadi. Kita akan posting berita lain lagi dalam waktu dekat. Saat ini ada sedikit problem dengan waktu kerja sehingga kami kesulitan untuk posting berita baru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s