ISO 9001:2000 Butuh Konsultan? Belum Tentu!

Bulan lalu, Fajar sempat menanyakan kepada kami tentang konsultan, dan hari ini Heri juga menanyakan hal yang sama. Kami ingin coba mengulasnya agar Anda dapat menentukan sendiri, kebutuhan Anda akan konsultan. Anda dapat melihat dari artikel ini, bahwa konsultan bukanlah hal yang mutlak.

Perlu atau tidaknya kita untuk menggunakan jasa konsultan membuat kita memiliki 2 opsi untuk mengimplementasikan ISO 9001:2000 (ataupun standar lainnya) di organisasi kita.

Dan, dari 2 opsi, apakah mempelajari sendiri atau menggunakan konsultan, tergantung dari organisasi kita.

Cobalah Anda jawab beberapa pertanyaan sederhana dibawah ini:

  • Apakah Anda memiliki orang yang paham ISO 9001:2000?
  • Apakah Anda memiliki orang yang memahami aktivitas pemetaan proses dan sistem?
  • Apakah Anda memahami definisi kualitas produk dan proses Anda?

Jika ada salah satu jawaban TIDAK, maka sebaiknya menggunakan jasa konsultan.

Jika YA semua, berarti Anda memiliki kualifikasi awal untuk implementasi tanpa konsultan. Kemudian:

  • Apakah ada kebutuhan untuk sertifikasi < 6 bulan?
  • Apakah kita membutuhkan pihak lain untuk change management?

Jika YA untuk kedua pertanyaan terakhir, mungkin kita perlu mempertimbangkan konsultan.
Jika jawaban Anda adalah TIDAK untuk 2 pertanyaan terakhir, well, kami rasa Anda tidak membutuhkan konsultan, pelajari standarnya, diskusikan dalam sebuah tim, jalankan perlahan-lahan. Anda cukup mengikuti 1 atau 2 pelatihan publik (ataupun in-house) yang relevan.

Bagaimana pendapat Anda? Feel free to comment! Remember, let’s learn by sharing!

Terima kasih untuk Fajar dan Heri atas ide artikelnya.

8 comments

  1. prodic

    sebenarnya, ISO membantu permasalahan yang disebabkan oleh tidak adanya sistem atau ada sistem namun keberadaannya tidak terasa, alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan konsultan dikarenakan dengan adanya pihak luar yang independent dan membantu tim anda sepenuhnya serta bisa meyakinkan pihak owner mengenai manfaat – manfaat ISO, kalo free chargenya tergantung anda melakukan negosiasi, anda bisa mendapat harga dari 30 jutaan.

  2. Deltaprima Qualex

    Secara ilmiah prinsip-prinsip ISO 9001:2000, atau standar sistem manajemen lain, tidaklah sulit dan dapat diimplementasikan oleh siapapun.. bahkan single fighter. Masalah yang sering menjadi penyebab kegagalan adalah bahwa menerapkan ISO 9001 ini menyangkut perubahan budaya. Perubahan budaya ini dapat menyeret kepada konflik dengan atasan, bawahan maupun rekan kerja bila change management-nya buruk. Di sinilah peran konsultan eksternal, menjadi fasilitator sehingga tidak jatuh korban dalam proses perubahan tersebut.

  3. kunto wibisono

    Di tempat saya bekerja saya sebagai single fighter, untuk membuat prosedur ISO, saya merasa kesulitan dengan membuat apalagi mengimplementasikan. saya merasa kesulitan dengan atasan saya dan SDM di perusahaan

  4. QMS Guy

    Edith, ini cukup menarik, kami merasa jawaban kami akan lebih ok jika kami membuatnya dalam bentuk artikel! SEGERA HADIR!

  5. Pr.Edith Suchaya

    Mahal juga ya, dengan harga begini besar, kira-kira bagaimana caranya kami menyakinkan owner/top management kalau ini akan OK (ada benefit yang bisa langsung dirasakan)???.Tolong dengan bahasa sederhana, perusahaan kami a simple packaging maker dengan kondisi belum ada syarat harus ISO dari buyer, untungnya buat perusahaan kami. Karena ngomong sama boss sering sulit menyakinkan kalo kita gak bisa kasih benefit langsung (maklum pedagang).Kita cuma bisa ngomong akan ada instruksi kerja, ada sasaran mutu tiap bagian, kemungkinan perluasan pasar/buyer sehingga kita sdh siap/ada begitu mereka mensyaratkan ISO.

    Mohon pencerahannya, thank you!!!

  6. QMS Guy

    Edith, tidak ada hubungan antara jumlah karyawan dengan visit dan fee. Biasanya, industri konsultasi dengan keterbatasan database ini berusaha mencari tahu “seberapa besar organisasi Anda”.🙂

    Jika organisasi Anda “besar” misalnya > 200 karyawan, atau “sangat besar” misalnya > 2000, atau malah “kecil” dengan < 20; consulting firm ini bisa memiliki bayangan tentang berapa yang akan mereka charge kepada Anda. Simple logic.

    Kuesioner mengenai bisnis ini untuk mengetahui berapa banyak waktu yang harus mereka habiskan (man-days) di organisasi Anda. Misalnya jika Anda bergerak di tambang emas, tentu beda dengan jika Anda bergerak di industri penyewaan mobil. Kompleksitas bisnis berbeda, sehingga man-days yang mereka butuhkan juga berbeda.

    Kesimpulan, kuesioner tersebut untuk mengetahui berapa banyak waktu yang mereka perlukan untuk implementasi ISO 9001:2000 di organisasi Anda, dan juga berapa biaya per man-day yang akan mereka charge ke Anda.
    Jika organisasi Anda kecil, ‘simple’ dan hanya butuh sedikit manday, maka bisa jadi hitungannya adalah 20 mandays x 1 juta, alias 20 juta.
    Tetapi jika besar, kompleks, bisa jadi 40 mandays x 2 juta, alias 80 juta.

    Memang benar, jawabannya tergantung, tetapi biasanya harga konsultasi berkisar antara 45 juta hingga 300 juta, “tergantung” kompleksitas bisnis, jumlah mandays, dan kondisi awal organisasi.

  7. Pr.Edith Suchaya

    karyawan perusahaan di perusahaan saya jumlahnya sekitar 250an, tempo hari kami pernah ditelp oleh consulting firm dan mereka menawarkan jasanya.waktu itu kita tanya berapa rupiah mesti kita keluarkan kalo pake jasa konsultan, mereka jawab TERGANTUNG!!! tergantung visit yg mereka lakukan ke persh kami. visit ini juga TERGANTUNG dari berapa jumlah karyawan kami.
    Pertanyaan kami adalah sebenarnya apa sih dasar dari visit dengan jumlah karyawan? dan rupiah yg harus dibayarkan?
    selanjutnya , kalo OK kami juga diminta mengisi kuisuoner/form. dengan beberapa pertanyaan, siapa customer, berapa lini produksi, nama product. ini khan di beberapa kalangan di persh kami dinilai agak sensitif.

    pertanyaan kami selanjutnya, ini semua untuk apa, kuisioner itu? haruskah kami mengisinya?

    Demikian, terima kasih untuk jawabannya.

    Pr. Edith Suchaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s