Surveillance/Maintenance Audit: Apa Saja yang Disiapkan

Panic (www.blogofwishes.com)

Pernahkah Anda merasa kalang kabut begitu tahu bahwa bulan ini akan ada audit terhadap Sistem Manajemen Mutu departemen kita?

Jika YA, berarti sistem kita belum berjalan baik. Bisa jadi, selama ini kita masih menjalankan 2 sistem, yakni sistem untuk diaudit dan sistem “normal”.🙂
Yah, itulah yang memang sering terjadi jika implementasi ISO 9001:2000 ini tidak LENGKAP. ISO 9001:2000 belum menjadi bagian dari pekerjaan kita sehari-hari.

Sering kita jumpai, staf yang mulai mengumpulkan form-form selama beberapa bulan kebelakang, yang lupa diisi, mulai meminta tanda-tangan untuk laporan 2 bulan lalu. Mulai merekap data 3 bulan lalu, mulai mencocokan data-data dan laporan bulan lalu, dst.

Ini tentu saja adalah praktik yang SALAH (bukan lagi tidak benar, tapi benar-benar salah). Seharusnya, jika ISO 9001:2000 dipahami dengan benar, dijalankan dengan benar, maka pada saat surveillance audit, praktis TIDAK ADA yang perlu kita siapkan. Ini adsalah kata kuncinya.

Satu-satunya persiapan yang harus kita lakukan adalah mempersiapakan tempat (akomodasi) untuk audit, misalnya ruang meeting, proyektor. Kemudian, saran dari kami adalah libatkan Auditor Internal dengan meminta auditor internal mendampingi auditor dari badan sertifikasi.

Langkah lain adalah memastikan bahwa secara waktu (sesuaikan dengan jadwal dari auditor) kita siap. Auditee ada di tempat sesuai jadwal auditor.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghadapi surveillance/maintenance audit. Ingat, yang dipersiapkan bukanlah sistemnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s