Kinerja Produk = Masa Depan Bisnis

Wuih,…. kami benar-benar tidak bisa mengupdate weblog QualitySystem.WordPress.com ini karena business trip hampir seminggu ini. Kali ini, kami menggunakan jasa 2 perusahaan penerbangan yang berbeda. Yang satu adalah Lion Air, dan satu lagi adalah Garuda Indonesia.

Saya yakin, saat ini Anda langsung berpikir bahwa ‘pastilah ini artikel yang membandingkan kinerja Lion Air dengan Garuda Indonesia’, ‘pastilah artikel ini menceritakan superioritas Garuda Indonesia atas Lion Air dalam hal pelayanan dan ketepatan waktu’.

Well,… ANDA BENAR! Menarik bukan, bagaimana image produk yang satu melekat dalam benak kita sebagai pelanggan, terlebih jika sebuah “pelayanan” yang buruk jika berlangsung terus menerus akan membuat orang ‘terbiasa’ dan kemudian mengasosiasikan kejadian buruk ini dengan produk kita. Bahkan, dengan menyebut Lion Air dan Garuda Indonesia saja Anda dapat menebak apa yang ingin kami ceritakan!🙂

Kami yakin Lion Air terus memperbaiki kinerjanya, walaupun minggu lalu penerbangan kami ditunda 2 jam lebih, dengan alasan apapun. Untuk Garuda Indonesia, memang tidak sempurna, kami ditunda juga, tetapi dalam batas yang masih ‘wajar’, 15 menit. Saat ini, tuntutan masyarakat memang lebih ke harga, tetapi tidak tertutup kemungkinan dalam beberapa waktu ke depan harapan masyarakat terhadap ketepatan waktu makin tinggi.

Dan, pada saat itu terjadi, jika Lion Air masih tidak bisa memperbaiki hal ini, maka bersiap-siaplah disalip low-cost-carrier Air Asia Indonesia. Walaupun Lion Air adalah penerbangan pertama di dunia yang menggunakan Boeing 900ER, who cares…
Jika memang Lion Air ingin berpindah menjadi full-service-carrier dan menjadi kompetitor Garuda Indonesia, well,… sepertinya Lion Air masih perlu belajar lebih banyak.

Oh ya, bagaimana dengan produk Anda? Adakah hal-hal negatif yang kerap berulang pada produk Anda? Segera CARI TAHU, dan perbaiki, jangan sampai calon pelanggan Anda mendengarnya dari pelanggan Anda saat ini!

Bad product will lead to bad business!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s