Tips Memilih Konsultan ISO 9001:2000 (#1)

Banyak rekan yang bertanya bagaimana cara memilih konsultan, baik lewat weblog ini ataupun email. Kami mencoba memberikan beberapa tips yang mungkin bermanfaat. Artikel ini sangat penting untuk Anda yang memutuskan menggunakan jasa konsultan untuk membangun sistem manajemen mutu.

Experience

Tips #1 : Perhatikan pengalaman konsultan
Ini langkah yang kami yakin sangat Anda pahami. Pengalaman. Pengalaman bukan berarti tua, dan muda bukan berarti tidak berpengalaman. Pengalaman yang kami maksud adalah “associated experience“. Dalam arti, pengalaman yang dimiliki RELEVAN dengan pekerjaan yang akan dilakukan. Seorang dokter spesialis konsulen tentulah seseorang dengan skill sangat tinggi dan jam terbang yang luar biasa, tetapi jika dokter tersebut bekerja di Starbucks sebagai katakanlah ekstrimnya barista selama 1 tahun, maka antara dokter tersebut dengan seorang mahasiswa yang juga bekerja 1 tahun sebagai barista di Starbucks.

Jadi, janganlah melihat usia, atau jumlah perusahaan, atau jumlah proyek. Tetapi, perhatikanlah industri apa yang bersangkutan pernah terlibat, proyek apa yang pernah dikerjakan, situasi bisnis apa yang pernah dia ‘rasakan’, kultur organisasi yang menjadi pengalaman proyeknya.

Jika Anda bekerja di percetakan, cobalah melihat pengalaman konsultan dalam bidang tersebut, tidak harus di industri yang persis sama, tetapi minimal katakanlah bekerja di industri di mana proses produksi kita adalah ‘job order’, tentu akan lebih bagus jika konsultan yang kita pilih pernah terlibat di pemain terbaik di industri kita. Anda dapat menggunakannya untuk benchmarking.

Pengalaman konsultan BERBEDA dengan pengalaman perusahaan konsultan tempat perusahaan tersebut berada. Perusahaan konsultan XYZ bisa jadi memiliki 1000 klien, mengembangkan ISO 9001:2000 di ratusan perusahaan, TETAPI jika konsultan yang akan terlibat di organisasi Anda bukanlah konsultan yang memiliki pengalaman tersebut, Anda tidak akan mendapatkan manfaat dari daftar panjang tersebut.

Kesimpulan #1, lihat kompetensi KONSULTAN yang akan dilibatkan, dalam hal ini cobalah melihat ‘associated experience’-nya.

Kita akan lanjutkan Tips #2 di artikel lain…

3 comments

  1. anang bagus a

    Mohon informasi seretifikasi ISO apa saja untuk perusahaan kontraktor sipil dan fabirikasi? Thanks for assist.

  2. Ping-balik: Tips Memilih Konsultan ISO 9001:2000 (#2) « Quality System

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s