Tips Memilih Konsultan ISO 9001:2000 (#2)

Lanjutan dari artikel sebelumnya, kali ini kami akan memberikan tips lainnya.

Tips #2: Jangan hanya menilai biaya jasa konsultasi

You give peanut, you get monkey, in most cases…

Maksudnya tentu saja, apa yang Anda dapatkan sangat tergantung dari kemampuan bayar Anda. Anda bisa saja mendapat satu paket jasa konsultasi senilai 20 Juta Rupiah atau bisa juga 150 Juta Rupiah.

Dalam kondisi ‘persaingan normal’ pun hal seperti ini bisa terjadi. Biaya konsultasi yang tinggi tidak menjamin bahwa yang datang adalah konsultan ‘world-class’, sebaliknya biaya konsultasi yang terkesan ‘murahan’ juga tidak bisa membuat kita mencap bahwa konsultan yang datang bukanlah ‘world class’.

Biasanya, nilai yang relatif rendah diberikan oleh konsultan freelance, ataupun perusahaan konsultasi yang masih sangat kecil. Mereka bisa memberikan harga murah karena tidak adanya biaya operasional yang mereka tanggung.

Berbeda dengan perusahaan besar yang menanggung biaya tim pemasaran, biaya iklan, sewa kantor, bahkan mobil dinas manajemen, biaya liburan perusahaan, THR (wah, sebentar lagi nih!). Perusahaan kecil (dan freelance) hanya membayar diri mereka sendiri, dan kadang satu atau dua staff lainnya.

Dalam menilai beberapa konsultan (dan perusahaan konsultan), Anda harus benar-benar memahami Tips #1 dan #2.
Banyak perusahaan yang “terkecoh” dan memilih harga sebagai patokan.
Kemungkinan buruknya adalah implementasi sistem manajemen mutu Anda akan tertahan lama (pending), Nilai kontrak yang Anda tanda tangani saat itu juga merupakan harga ‘pada saat itu’ yang seharusnya lebih rendah di saat ini (Time Value of Money).

Kemungkinan terburuknya adalah implementasi sistem manajemen mutu Anda berjalan seadanya, dan di banyak kasus malah menjadi BEBAN organisasi Anda.
Aneh bukan? Anda membayar konsultan untuk implementasi sistem yang seharusnya membantu Anda dalam bekerja malah membuat sistem Anda menjadi ribet, birokratis, berujung kepada bertambahnya beban operasional, tingkat stres, bahkan hilangnya pelanggan. Hati-hati, ini sering terjadi.

Kesimpulan, pilihlah konsultan dengan bijak dan jangan berpatokan pada harga saja. Ingat juga Tips #1.

9 comments

  1. esti

    silahkan kontak saya bila ada kebutuhan untuk pendampingan pembuatan sistem ISO 9001:2008, OHSAS 18001 : 2007, IQA ataupun pembuatan SOP.

  2. Teti

    untuk memilih konsultan ISO 9001:2000 tentunya bukan cuma murah tapi berkompeten di bidang yang kita inginkan. Mohon informasinya mengenai konsultan ISO 9001:2000 di bidang pengolahan air, apabila memungkinkan disertai list ISO nya. Terima kasih.

  3. Nuke

    selain kedua hal diatas, hal apa lagi yang menjadi indikator dalam pemilihan konsultan ISO? apakah metodologi penyusunan sistem yang akan susun dapat menjadi salah satu indikatornya?
    Terimakasih.

  4. monalisa

    Saya juga berminat untuk informasi tentang konsultan ISO 9001 : 2000 yang murah namun berkompetensi tinggi, terutama konsultan yang berpengalaman memberikan konsultasi ISO untuk RS. mohon jawaban anda langsung ke email saya. terima kasih.

  5. Robin

    Maaf Moderator…kami dari salah satu lembaga diklat dari UPT Pusat yang ada di daerah, kami sangat tertarik sekali dengan berita2 atau bacaan2 seputar ISO 9001:2000 dan berharap bisa mengimplementasikannya di produk jasa yang kami hasilkan (jasa peningkatan kualitas SDM/peserta diklat). Namun kami masih bingung dari mana memulainya? bisakah moderator dkk bisa memberikan solusi bagi kami?

    Terima kasih,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s